IMPLEMENTASI MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH KHOLIDIYAH ALANG-ALANG CARUBAN JOGOROTO JOMBANG
Main Author: | Zulfa, Indana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/870/ |
Daftar Isi:
- Abstrak Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial cenderung menjenuhkan yang mengakibatkan anak kurang berkonsentrasi sehingga banyak anak yang ramai sendiri pada jam pelajaran sehingga minat belajarnya belum optimal. Tujuannya mengetahui minat belajar siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan implementasi model snowball throwing. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis menggunakan flow model. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, tiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan pada pra siklus dengan prosentase kelulusan 15%, kemudian pada siklus I minat belajar meningkat dengan prosentase minat 45%. Pada siklus II minat belajar siswa meningkat kembali dengan prosentase minat 85%. Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi model snowball throwing sangat efektik meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas III Madrasah Ibtidaiyah kholidiyah Alang-alang Caruban Jogoroto Jombang yang ditandai dengan meningkatnya minat belajar siswa pada setiap siklusnya. Kata kunci : Model Snowball Throwing, Minat Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial