IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MU’AWWANAH JANTI MOJOAGUNG JOMBANG
Main Author: | Istadhiyah, Istadhiyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/866/ |
Daftar Isi:
- Abstrak Latar belakang penelitian ini adalah bahwa banyak siswa kelas III-A MI ALMu’awwanah Janti Mojoagung Jombang motivasi belajarnya masih dikatergorikan “cukup” dalam pembelajaran IPA dengan prosentase 84%.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas III-A MI AL-Mu’awwanah agar bisa mencapai kategori motivasi belajar “baik”.Pendekatan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian motivasi belajar siswa sebelum penerapan menggunakan metode eksperimen dan demonstrasiprosentase motivasi belajar pra siklus sebesar 84% dengan kategori “cukup”, setelah penerapan metode eksperimen dan demonstrasi pada siklus 1 sebesar 16 % dengan kategori “baik” dan siklus 2 sebesar 96% dengan kategori “baik” (lebih memuaskan). Dapat disimpulkan bahwa: “Implementasi Metode Eksperimen dan Demonstrasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas III-A Madrasah Ibtidaiyah AL-Mu’awwanah Janti Mojoagung Jombang terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa”. Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Metode Eksperimen dan Demonstrasi. IPA