PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKn DI MADRASAH IBTIDAIYAH AINUL ULUM 02 KAROBELAH MOJOAGUNG JOMBANG

Main Author: Rochim, Ahmad Barru
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/852/
Daftar Isi:
  • Abstrak PelajaranPendidikan Kewarganegaraan merupakan pelajaran yang sering dianggappelajaran yang membosankan karena begitu banyaknnya bacaan bahkan ada yang menganggap sebagai pelajaran yang membingungkan . Tujuannya mengetahui keterampilan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan penerapan metode Mind Mpping. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis menggunakan flow model. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, tiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan pada pra siklus dengan rata -rata 9,74 dan per sentase kelulusan 38%, kemudian pada siklus I nilai rata -rata siswa meningkat menjadi 10,7 dengan persentase kelulusan 54%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 11,3 dengan persentase kelulusan 67%. Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan Pembelajaran Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran PKn Di Madrasah Ibtidaiyah Ainul Ulum 02 Karobelah Mojoagung Jombang yang ditandai dengan meningkatnya keterampilan berpikir kreatif siswa pada setiap siklusnya. Kata Kunci: MetodePeta Konsep(mind mapping). Keterampilan,Berpikir Kreatif, Pendidikan Kewarganegaraan.