IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR (FLASH CARD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-KARAMAH BANJARANYAR PETERONGAN JOMBANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: Mafulana, Fita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/850/
Daftar Isi:
  • Abstrak Latar belakang dilaksanakannya penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya kemampuan menulis puisi siswa karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan media pembelajaran apapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas V MI Al-Karamah Banjaranyar Peterongan Jombang melalui media gambar (Flash Card). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian. Setiap siklus penelitian meliputi 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al-Karamah Banjaranyar Peterongan Jombang yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan media gambar (flash card) dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Total peningkatan keterampilan menulis puisi siswa dengan rincian pra tindakan 30% meningkat menjadi 73% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 88% pada siklus 2. Dapat disimpulkan bahwa media gambar (flash card) dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V MI Al-Karamah Banjaranyar Peterongan Jombang. Kata kunci: Media Gambar (Flash Card), Keterampilan Menulis, Puisi