PENERAPAN METODE SUGESTOPEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III.3 PADA MATA PELAJARAN IPS DI MIN REJOSO PETERONGAN JOMBANG

Main Author: Sariroh, Nailatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/847/
Daftar Isi:
  • Abstrak Latar belakang penelitian ini adalah bahwa banyak siswa kelas III.3 motivasi belajarnya masih dikatergorikan “cukup” dalam mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode sugestopedia dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas III.3 agar bisa mencapai kategori motivasi belajar “baik”. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian motivasi belajar siswa sebelum penerapan Metode sugestopedia persentase motivasi belajar secara klasikal pada pra siklus sebesar 62% dengan kategori “cukup”, setelah penerapan Metode sugestopedia pada siklus 1 sebesar 73% dengan kategori “baik” dan siklus 2 sebesar 87% dengan kategori “baik” (lebih memuaskan). Dapat disimpulkan bahwa: “Penerapan metode sugestopedia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III.3 pada mata pelajaran IPS di MIN Rejoso Peterongan Jombang’’ terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa”. Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Metode Sugestopedia, IPS