KORELASI ANTARA DURASI BELAJAR DI LUAR SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER GANJIL DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM BANDUNG JOMBANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: Rosyidah, Zainatur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/801/
Daftar Isi:
  • Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, di antaranya waktu yang digunakan siswa untuk belajar. Tujuan penelitian mengetahui tingkat durasi belajar siswa di luar Sekolah,hasil belajar semester ganjil mapel PAI dan korelasi antara durasi belajar di luar sekolah dengan hasil belajar di MTs Darul Ulum Bandung.Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis menggunakan rumus prosentase dan product moment, sampel penelitian 45 responden. Prosentase durasi belajar siswa di luar sekolah 72,1%. Hasil belajar siswa 74,72%. Hasil analisis data product moment diperoleh = 0,500 untuk taraf kesalahan ditetapkan 5% dan taraf kepercayaan ditetapkan 95%. Jika N = 45, maka r tabel = 0,294. Ternyata > maka H0 ditolak, Ha diterima. Sesuai tabel interprestasi koefisien korelasi nilai 0,500 masuk kategori sedang. Dapat disimpulkan terdapat hubungan durasi belajar dengan hasil belajar siswa mapel PAI semester ganjil di MTs Darul Ulum Bandung tahun ajaran 2016/2017.