IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SEBLAK JOMBANG
Main Author: | Jannah, Alik Roichatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/790/ |
Daftar Isi:
- Dalam pembelajaran al-Qur’an dibutuhkan suatu metode. Metode ummi merupakan metode pembelajaran al-Qur’an yang baik dan benar. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan penerapan metode Ummi, Mengetahui keunggulan metode Ummi, Mengetahui kendala yang muncul dalam pembelajaran al-Qur’an pada santri putri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis flow model, ada empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi proses pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi dilakukan melalui tujuh tahapan pembelajaran dan keunggulan metode Ummi terletak pada sistem yang menjamin mutu, yang dikenal dengan sembilan pilar sistem mutu. kendala pembelajaran apabila ada santri yang datang terlambat maka ustadz/ ustadzah tidak bisa mengulang materi yang tertinggal karena setiap tahapan pembelajaran sudah ditentukan waktunya masing-masing.