UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) DARUL ULUM SUMBER PENGANTEN JOGOROTO JOMBANG
Main Author: | Fattah, Muhammad Amirul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/786/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan karena pemberlakuan kedisiplinan siswa MTs Darul Ulum Sumber Penganten Jogoroto belum berjalan sesuai harapan sehingga perlu dilakukan peningkatkan kedisiplinan siswa sebagai upaya pembentukan kedisiplinan menjadi sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui gambaran tentang kedisiplinan, untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan, untuk mengetahui peran guru membantu kedisiplinan siswa, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penegakan kedisiplinan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tempat penelitian di MTs Darul Ulum Sumber Penganten Jogoroto , dilaksanakan bulan Mei 2017. Narasumber penelitian kepala madrasah, guru wali kelas. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukan: pelaksanaan kedisipinan di MTs Darul Ulum Sumber Penganten Jogoroto tergolong baik, Kepala madrasah telah melakukan perencanaan, pengarahan, dan pengawasan dalam pelaksanaan kedisiplinan, guru sudah berperan dalam meningkatkan kedisiplinan dengan jalan memberikan contoh kedisiplinan.