PENGARUH MOTIVASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KETAATAN SISWA MENGIKUTI ISTIGHOTHAH DI MADRASAH TSANAWIYAH BABUSSALAM TAMBAR JOGOROTO JOMBANGTAHUNPELAJARAN 2016/2017
Main Author: | Ummatin, Khoiro |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/783/ |
Daftar Isi:
- Untuk menumbuhkan kesadaran dan ketaatan dalam diri siswa, guru sangat berperan penting untuk memberikan motivasi terutama guru PAI.Dengan adanya motivasi, siswa diharapkan agar terdorong untuk mengikuti istighothah dengan rasa ikhlas.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana guru PAI memotivasi siswa, Bagaimana ketaatan siswa mengikuti istighothah, apakah ada pengaruh antara motivasi guru PAI terhadap ketaatan siswa mengikuti istighothah, jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sampel yang digunakan sebanyak 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus prosentase dan “regresi linier sederhana”data diperoleh malalui penyebaran angket dengan hasil prosentase motivasi guru PAI sebanyak 62,5% sedangkan ketaatan siswa mengikuti istighothah sebesar 32,5%. Hasil analisis data diperoleh f hitung= 3,368 dengan sig(p.vlue) sebesar 0,074, karena sig(p.value)>0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi guru PAI terhadap ketaatan siswa mengikuti istighothah di MTs Babussalam TambarJogoroto Jombang