EFEKTIFITAS STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU ŞARAF DI KELAS VIII-A MADRASAH DINIYAH MUZAMZAMAH CHOSYI’AH PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM REJOSO PETERONGAN JOMBANG
Main Author: | Jahroh, Siti Fatimah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/776/ |
Daftar Isi:
- Strategi active learning sangatlah penting dalam proses pembelajaran, jika strategi active learning pembelajaran tidak ada, maka susunan pembelajaran yang aktif akan rumit dilaksanakan guru. Adapun prestasi belajar siswa yang meningkat maka siswa aktif dalam belajarnya. Dalam ilmu s}araf siswa mampu memahami perubahan pada kalimat, maka siswa akan mudah mempelajari kitab kuning. Tujuannya untuk mengetahui sejauhmana strategi active learning dalam meningkatkan prestasi belajar ilmu saraf. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang mencari hubungan antara variabel satu dengan variabel kedua. Adapun hasilnya diperoleh dari rumus uji- t yaitu 18,402, maka nilai t-tabel dengan taraf signifikan 5% untuk N = 32 diperoleh 2,042 karna nilai t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (18,402> 2,042), maka hipotesis nol (Ho) ditolak hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya adalah efektifitas strategi active learning dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran ilmu saraf di kelas VIII-A madrasah diniyah muzamzamah chosyi’ah pondok pesantren darul ‘ulum rejoso peterongan jombang sangat baik.