METODE PEMBELAJARAN T A H F I Z A L-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN DI LEMBAGA MADRASAH HIFDHIL QUR’AN (MHQ) PONDOK PESANTREN PUTRI WALISONGO CUKIR JOMBANG

Main Author: Dzakiyyah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/773/
Daftar Isi:
  • Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu pekerjaan yang sangat mulia. Banyak keutamaan maupun manfaat yang diperoleh. maka untuk meningkatkan hafalan Al- Qur’an harus mempunyai metode yang tepat sehingga kualitas hafalan bertambah baik. Tujuan penelitian ini yaitu dapat mendeskripsikan metode pembelajaran t a h }f i >z } A l- Qur’a> n, kualitas hafalan Al-Qur’an serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode pembelajaran t a h }f i >z } A l-Qur’a> n di lembaga Madrasah Hifdhil Qur’an. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pembelajaran t a h }f i >z } A l-Qur’a> n di lembaga Madrasah Hifdhil Qur’an menggunakan metode talaqqi. Dari tabel perhitungan nilai ujian santri terlihat bahwa kualitas hafalan santri 82% rata-rata mencakup kriteria baik dari jumlah 235 santri dengan nilai 70-79. Faktor pendukung dalam pelaksanaan metode talaqqi yaitu sarana dan prasarana yang memadai, dukungan pengasuh, motivasi dan dorongan dari ustadz. Faktor penghambat diantaranya santri kesulitan membagi waktu, kurang istiqomah muroja’ah, melemahnya semangat santri dalam proses menghafal dan gangguan asmara.