HUBUNGAN METODE WAHDAH DENGAN PEMBELAJARAN TAH}FI>Z} AL-QUR’A>N DI ASRAMA IV CHOS I AINUSYMAS PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM, PETERONGAN JOMBANG
Main Author: | ADKHA, LUTFI FITROTUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/766/ |
Daftar Isi:
- Menjadi seorang Tah}fi>z al-Qur’a>n bukanlah perkara yang mudah,Sebabmenghafal al-Qur’a>n bukanlah tugas yang mudah, menghafal al-Qur’a>n hanyaBisa di lakukan oleh orang-orang yang mempunyai niatan dan kemauan yang keras Olehkarena itu diperlukan suatu metode yang dapat membantu dan mempermudahkan dalam meningkatkan hafal al-Qur’a>n santri asrama IV chos I ainusyams.metode wahdah adalah satu dari sekian banyak metode untuk menghafal al-Qur’a>n. selain dari metode dalam menghafal diperlukan suatu pembelajaran dimana pembelajaran menjad jembatan untuk mencapai suatu yang dikehendaki, sebab metode tanpa pembelajaran tidak ada hasil yang maksimal maka dari itu hubungan metode dalam pembelajarah Tah}fi>z al- Qur’a>nmengantarkan santri menjadi hafiz. tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hubungan pada metode wahdah yang digunakan dalam pembelajaran Tah}fi>z al-Qur’a>n di asarama IV chos I ainusyamas. jenis penelitian ini menggunkan penelitian kuantitatif yakni dengan menyebar angket kepada 46 respondent, maka setelah melakukan wawancara, observasi serta menanalisi angket bahwasannya adanya hubungan metode wahdah dengan pembelajran Tah}fi>z al-Qur’a>n yang dilakukan oleh santri asrama IV chos I ainusyams sebesar 0,491 yakni tergolong kedalam hubungan sedang atau cukup baik. Dengan adanya dilakukan kegiatan pembelajaran Tah}fi>z al-Qur’a>n ini.