PENGARUH KEGIATAN TADARUS AL-QUR’AN TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MTS THORIQUL HUDA CATAK GAYAM MOJOWARNO JOMBANG

Main Author: AMIROH, NURUL FADLILATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/760/
Daftar Isi:
  • Kegiatan Tadarus Al-Qur’an lebih mengarah kepada pendidikan agama yang mana kewajiban setiap muslim mempelajari setiap huruf dalam al-Qur’an, dengan mempelajari setiap kandungan dan menghayati bacaan al-Qur’an dapat membantu siswa menjadi anak baik dan berakhlak terpuji. Di samping dengan kegiatan tadarus al-Qur’an di MTs Thoriqul Huda juga mengadakan tausiyah. Dan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan kegiatan tadarus al-Qur’an di MTs Thoriqul Huda, mengetahui keadaan akhlak siswa dalam kehidupan sehari-hari di Madrasah Tsanawiyah Thoriqul Huda dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh mengikuti kegiatan tadarus al-Qur’an dalam pembentukan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Thoriqul Huda. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang diperoleh berupa hasil wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kegiatan tadarus al-Qur’an terhadap pembentukan akhlak siswa: (1) prosentase tentang kegiatan tadarus al-Qur’an sebesar 67,569% (2) prosentase tentang pembentukan akhlak siswa sebesar 67,361% (3) pengaruh tentang tadarus al-Qur’an terhadap pembentukan akhlak siswa menunjukkan nilai jika r tabel =0,329 < r hitung = 0,556 maka Ha diterima dan Ho ditolak.