PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI UNIPDU JOMBANG
Main Author: | Setiadi, Eko Bagus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/68/1/BAB%20I.pdf http://eprints.unipdu.ac.id/68/ |
Daftar Isi:
- Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan merupakan perangkat lunak yang didesain khusus untuk mempermudah pendataan koleksi perpustakaan, katalog, data anggota/peminjam, transaksi dan sirkulasi koleksi perpustakaan. Dengan adanya sistem informasi manajemen perpustakaan dapat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan perpustakaan. Didalam penelitian ini membahasan tentang tanggapan dari responden terhadap penerapan sistem informasi manajemen perpustakaan yang meliputi 4 indikator yaitu: indikator desain program, indikator sistem navigasi, indikator kemudahan penggunaan dan indikator kualitas program. Sedangkan kualitas pelayanan perpustakaan diukur dari pelayanan yang diberikan meliputi beberapa kriteria seperti: keandalan, ketanggapan, jaminan/ kepastian, empati/ kepedulian, dan berwujud/ ada bukti fisik. Kemuudian dari keseluruhan indikator tersebut dituangkan ke dalam 29 item atau atribut pernyataan yang disebarkan kepada responden dalam bentuk kuesioner, kemudian dianalisis dengan teknik analisis data yang meliputi : Analisis Regresi, Uji Signifikansi Kolerasi, Uji koefisien Determinasi dan Pengujian Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan (X) dengan peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan (Y). Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis yang dilakukan dengan uji T, yaitu dengan membandingkan t-tabel dan t-hitung dengan = 5% yang hasilnya adalah t-hitung (8.825) lebih besar dari t-tabel (1,661). Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan, kualitas pelayanan, dan teknik analisis data.