PENGARUH INOVASI PRODUK, PROMOSI, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BATIK DI SENTRA BATIK DESA JATIPELEM KECAMATAN DIWEK KABUPATEN JOMBANG
Main Author: | UMMAH, KHOIRO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/578/ |
Daftar Isi:
- Persaingan usaha yang semakin ketat selalu dihadapi oleh para pelaku bisnis. Sebuah produk, agar bisa diterima oleh konsumen haruslah memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, demikian juga dengan produk batik yang merupakan warisan budaya khas Indonesia. Oleh karena itu, pelaku usaha yang bergerak di bidang produksi kain batik harus mengelola strategi usaha yang dapat menarik minat konsumen diantaranya dalam inovasi produk, promosi, dan citra merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, promosi, dan citra merek terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk batik di sentra batik di Desa Jatipelem Kecamatan Diwek kabupaten Jombang. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif, populasinya adalah konsumen batik yang jumlahnya tidak diketahui pasti. Dengan teknik simple random sampling dan tingkat kesalahan 5 % diperoleh sampel sejumlah 110. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan tiga predictor diperoleh hasil sebagai berikut, uji simultan diperoleh nilai F=53,611 dengan sig. 0,000 artinya variabel X1, X2, dan X3 berpengaruh secara serempak kepada variabel Y. Pada uji t diperoleh nilai t hitung X1=-0,018, X2=3,152, X3=4,921 artinya ada satu variabel independen yaitu X1 yang tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel Y. Variabel dominan terdapat pada variabel X3 yaitu dengan nilai t hitung = 4,921 probabilitas 0,000. Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,603 artinya 60,3% keputusan pembelian dipengaruhi oleh ketiga variabel tersebut sedangkan sisanya sebesar 39,7% dipengaruhi oleh variabel lain