PENGARUH INTENSITAS MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-DLORURIYAH SIDOKERTO MOJOWARNO JOMBANG TAHUN AJARAN 2015-2016

Main Author: FARIDA, UMI NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/553/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas membaca terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Al-Dloruriyah Sidokerto Mojowarno Jombang Tahun Ajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan analisis Uji t dua sampel berpasangan. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III A dan III B yang berjumlah 40 siswa. Adapun data intensitas membaca siswa diperoleh dari penyebaran angket dan wawancara tidak terstruktur dan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia diperoleh dari pemberian pre-test dan post-test. Hasil penelitian bahwa Intensitas membaca siswa dinyatakan cukup baik dibuktikan dengan perolehan prosentase hasil angket tertinggi terletak pada jawaban selalu (48,9%) dan dikategorikan cukup baik. Dari analisis data dengan taraf signifikansi 5% menggunakan analisis Uji-t dua sampel berpasangan didapatkan hasil 12.893>2.021. Dengan demikian berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima bahwa terdapat pengaruh yang signifikan mengenai intensitas membaca terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia.