PENGARUH INTENSITAS MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-DLORURIYAH SIDOKERTO MOJOWARNO JOMBANG TAHUN AJARAN 2015-2016
Main Author: | FARIDA, UMI NUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/553/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas membaca terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Al-Dloruriyah Sidokerto Mojowarno Jombang Tahun Ajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan analisis Uji t dua sampel berpasangan. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III A dan III B yang berjumlah 40 siswa. Adapun data intensitas membaca siswa diperoleh dari penyebaran angket dan wawancara tidak terstruktur dan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia diperoleh dari pemberian pre-test dan post-test. Hasil penelitian bahwa Intensitas membaca siswa dinyatakan cukup baik dibuktikan dengan perolehan prosentase hasil angket tertinggi terletak pada jawaban selalu (48,9%) dan dikategorikan cukup baik. Dari analisis data dengan taraf signifikansi 5% menggunakan analisis Uji-t dua sampel berpasangan didapatkan hasil 12.893>2.021. Dengan demikian berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima bahwa terdapat pengaruh yang signifikan mengenai intensitas membaca terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia.