UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE DI MADRASAH IBTIDAIYAH PERWANIDA MOJOWARNO JOMBANG

Main Author: IMAMAH, AINAYATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/550/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keterampilan berkomunikasi siswa sebelum, saat dilaksanakan pembelajaran dan peningkatan keterampilan komunikasi siswa setelah diterapkan metode Everyone Is A Teacher Here. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MI Perwanida Mojowarno Jombang yang terdiri dari 22 siswa. Pendekatan yang digunakan ini adalah kualitatif dengan teknik analisis menggunakan flow model. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan 2 siklus. Tiap siklus memiliki beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan pada pra siklus 70 dengan prosentase kelulusan klasikal 36%, kemudian pada siklus I nilai rata- rata siswa meningkat menjadi 75 dengan prosentase kelulusan klasikal 55%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan kembali menjadi 77 dengan prosentase kelulusan klasikal 77%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Everyone Is A Teacher Here efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Perwanida Mojowarno yang ditandai dengan peningkatan keterampilan komunikasi siswa pada setiap siklusnya.