UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROYEK RESPON KREATIF PADA MATA PELAJARAN SKI DI MIN REJOSO PETERONGAN JOMBANG

Main Author: ALFIANA, RISHA
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/545/
Daftar Isi:
  • atar belakang penelitian ini adalah bahwa banyak siswa kelas 5.1 Ibnu Syna motivasi belajarnya masih dikatergorikan “cukup” dalam pembelajaran SKI dengan prosentase 64%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Model Pembelajaran Proyek Respon Kreatif (PRK) dalam pembelajaran SKI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas 5.1 Ibnu Syna agar bisa mencapai kategori motivasi belajar “baik”. Pendekatan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 3 siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian motivasi belajar siswa sebelum penerapan Model Pembelajaran PRK prosentase motivasi belajar pra siklus sebesar 64% dengan kategori “cukup”, setelah penerapan Model PRK pada siklus 1 sebesar 74% dengan kategori “baik” dan siklus 2 sebesar 88% dengan kategori “baik” (lebih memuaskan). Dapat disimpulkan bahwa: “Upaya peningkatan motivasi belajar siswa melaui Model Pembelajaran PRK pada mata pelajaran SKI di MIN Rejoso Peterongan Jombang terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa”.