UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH SEMESTA KEDUNGMALING SOOKO MOJOKERTO

Main Author: MASFUFAH, FIFI
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/544/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Aqidah Akhlaq di sekolah saat ini lebih ditekankan pada penguasaan materi dan hafalan membuat proses belajar bersifat konvensional yaitu ceramah sehingga proses belajar bersifat monoton. Metode drill adalah metode yang cocok untuk pembelajaran aqidah akhlak. Metode drill bertujuan untuk agar siswa terangsang oleh tugas dan aktif karena latihan yang terus menerus. Jenis yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif bermaksud untuk memahami materi asmaul husna. metode dalam pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, dan angket. peneliti menggunakan teknik analisis data sederhana dengan ketuntasan belajar. Penerapan metode drill mampu meningkatkan hasil belajar siswa hal itu bisa dilihat dari persentase pra siklus yang hanya 28%, siklus I mencapai 52% siklus II menjadi 88%.