PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH SYAFI’IYAH PULOREJO NGORO JOMBANG

Main Author: WIJAYANTI, DWI MEGA
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/519/
Daftar Isi:
  • Pengelolaan kelas sangat berpengaruh terhadap minat siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam melakukan pengelolaan kelas perlu ditingkatkan mulai dari penataan bangku, pembentukan kelompak dan cara membuat kelas menjadi hidup.Tujuan pengelolaan kelas terhadap minat ini Tujuannya agar setiap anak dikelas dapat belajar dengan tertib sehingga tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efesien. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, metode pengumpulan datanya adalah observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah semua siswa kelas VIII MTs Syafi’iyah Pulorejo yaitu 58 siswa, untuk menganalisis data maka teknik yang digunakan adalah analisis data menggunakan product moment. Dari hasil diketahui bahwa nilai “rxy” adalah 0,20. hasil tersebut diinterpresentasikan dengan tabel “r” product moment N = 58 dengan taraf signifikan 5% = 0,254 dan 1% = 0,330. Dari perhitungan dapat dinilai rxy sebesar 0,20. Jadi dapat disimpulkan bahwasannya ada pengaruh pengelolaan kelas terhadap minat belajar Pengaruhnya adalah rendah.