PENGARUH PENDIDIKAN PRANATAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QU’RAN JUZ 30 SANTRI DI TAMAN TAHFIDZ AL-QUR’AN SUMENGKO JATIREJO MOJOKERTO

Main Author: ISTIGHOTSA, NABILLAH
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/512/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendidikan pranatal terhadap kemampuan menghafal al-Qur’an juz 30 santri di Taman Tahfidz Al-Qur’an Sumengko Jatirejo Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan uji analisis korelasi Product Moment. Pendidikan Pranatal menjadi variabel (X) dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Juz 30 menjadi variabel (Y). Dari hasil penelitian diketahui bahwa pendidikan pranatal tergolong baik, dengan prosentase 82,72%. Sedangkan kemampuan menghafal al-Qur’an Juz 30 juga tergolong baik, dengan prosentase 83,34%. Kemudian dengan melihat nilai r hitung sebesar 0,46, maka dapat dikonsultasikan pada tabel r product moment dengan jumlah sampel (N)= 30 diperoleh harga r tabel sebesar 0,361 dengan taraf signifikansi ditetapkan 5% dan taraf kepercayaan 95%, hasil r hitung lebih besar dari r tabel (0,46 > 0,361), Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pendidikan pranatal dengan kemampuan menghafal al-Qur’an juz 30 santri di Taman Tahfidz Al-Qur’an Sumengko Jatirejo Mojokerto.