HUBUNGAN PERSEPSI MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN JUMLAH KUNJUNGAN ULANG PASIEN DI POLI FISIOTERAPI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KERTOSONO

Main Author: PURNOMO, SUGENG
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/481/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/481/
Daftar Isi:
  • Upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan adalah langkah terpenting untuk meningkatkan daya saing usaha di sektor kesehatan Mutu pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen (pasien) terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat layanan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi mutu pelayanan dengan jumlah kunjungan ulang pasien di poli fisioterapi RSUD Kertosono. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi observasional dengan pendekatan cross sectional, dengan jumlah polulasi sebanyak 260 responden dan jumlah sampel sebanyak 30 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen data menggunakan kuesioner dan selanjutnya ditabulasi dengan menggunakan distribusi frekuensi dan di uji menggunakan uji Spearman dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian sebagian besar sebanyak 24 orang (80%) mengatakan persepsi mutu pelayanan di poli fisioterapi RSUD kerstosono baik dan sebanyak 11 orang (36,7%) melakukan kunjungan ulang dengan baik sesuai target berkunjung ulang. Berdasarkan uji spearman didapatkan P = 0,009 (< 0,05) artinya terdapat hubungan antara mutu pelayanan dengan kunjungan ulang pasien. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah ada hubungan persepsi mutu pelayanan dengan jumlah kunjungan ulang pasien di poli fisioterapi RSUD Kertosono.