PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI AGAMA ANTARA SISWA KELAS IV D DENGAN IV E DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MIN KAUMAN UTARA JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: LESTARI, ENDANG SRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/420/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/420/
Daftar Isi:
  • Perubahan kurikulum sering terjadi di Indonesia. mengenai perubahan kurikulum yang ada di Indonesia sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan baik dalam segi umum maupun agama dengan adanya peningkatan dalam hasil belajar. Tujuan penelitian ini: Untuk mengetahui hasil belajar bidang studi Agama siswa kelas IVD dan IVE serta mendeskripsikan perbedaan hasil belajar dalam implementasi kurikulum 2013 di MIN Kauman Utara Jombang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini kuantitatif dengan teknik analisis statistik uji t sampel saling bebas (Independent T-test), data diperoleh melalui angket,observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Hasil dari prosentase tentang hasil belajar siswa kelas IVD dengan alternatif jawaban A yaitu 67.3%. maka hasil belajar siswa kelas IVD dalam Implementasi Kurikulum 2013 dinyatakan cukup baik, karena berada diantara 56% - 75%. Dan Hasil dari prosentase tentang hasil belajar siswa kelas IVE dengan alternatif jawaban A yaitu 59.8%, maka hasil belajar siswa kelas IVE dalam Implementasi Kurikulum 2013 dinyatakan cukup baik, karena berada diantara 56% - 75%. Serta Tidak ada perbedaan hasil belajar antara siswa kelas IVD dan IVE dalam implementasi kurikulum 2013 di MIN Kauman Utara Jombang. Hal initerlihat bahwa signifikansi sebesar 0.340 > 0.005, karena lebih besar dari 0.005, maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya bahwa tidak ada perbedaan orientasi antara siswa kelas IVD dan IVE MIN Kauman Utara Jombang.