PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU DI MTsN REJOSO PETERONGAN I JOMBANG

Main Author: MUBAROKAH, KHUSNUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/415/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/415/
Daftar Isi:
  • Kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan di sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan termasuk di dalamnya peran meningkatkan profesionalisme guru. Peran kepala madrasah tersebut meliputi peran sebagai seorang educator (pendidik), manajer, administrator, supervisor dan leader (pemimpin) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi guru di MTsN Rejoso peterongan Jombang dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung, faktor penghambat dan bagaimana solusinya dalam mengembangkan kompetensi guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan metode ini diharapkan dapat diperoleh pemahaman yang mendalam mengenai makna dari fakta yang relevan terhadap data yang ada di lapangan. Pengumpulan data di lakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil di kumpulkan, dan dari makna itu kemudian di tarik kesimpulan. Setelah melakukan pengumpulan data dan analisis data diperoleh kesimpulan kepala Madrasah mempunyai peran yang sangat penting dalam upaya mengembangkan Kompetensi Guru dalam rangka rangka meningkatkan mutu pendidikan. Dalam upaya mengembangkan kompetensi guru tersebut terdapat beberapa faktor pedukung diantaranya kepemimpinan kepala Madrasah, motifasi guru dan sarana prasarana yang memadai. Selain itu ada factor-faktor yang menghambat dalam upaya mengembangkan kompetensi guru. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan saran dan pemikiran tentang peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi guru yang selama ini sudah dijalankan.