PERANAN KEPALA MADRASAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUMOBITO JOMBANG

Main Author: ABDUH, MUH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/408/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/408/
Daftar Isi:
  • Peranan Kepada madrasah dalam meningkatan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumobito dapat berjalan sesuai dengan harapan apabila dalam pelaksanaan ada kesesuaian dan dukungan serta kerja sama antara kepala madrasah, guru dan para pegawai dalam upaya peningkatan kinerja guru dengan tujuan meningkatkan layanan dan kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumobito Jombang. Adanya kemauan guru untuk meningkatkan kualitasnya mau membangun kerjasama yang baik dengan kepala madrasah melalui pembinaan dan selalu menambah wawasan dan mengikuti berbagai macam kegiatan keilmuan yang di selenggarakan dunia pendidikan. Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumobito pada sisi tenaga pendidik memiliki tenaga pendidik sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kesesuaian dengan bidang studi yang diampu yang diharapkan hal tersebut akan menjadi modal penting untuk melaksanakan proses pembelajaran dikelas secara professional, efektif, efisien dan menyenangkan. Namun, pada kenyataannya hal tersebut belum kesemuanya sessuai dengan ketentuan dan harapan karena dalam melaksanakan tugas keseharian terutama pada hal keadministrasian dan ini menjadi salah satu penyebab belum tercapainya peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sumobito Jombang sesuai dengan program. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh data tentang peranan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumobito Jombang. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah : Observasi, wawancara secara mendalam guna memperoleh data secara kualitatif dan valid yang selanjutnya dihimpun dan dikumpulkan berikutnya di deskripsikan secara kualitatif. Pelaksanaan penelitian berangkat dari pemikiran bahwa adanya usaha kepada madrasah untuk meningkattan kinerja guru guna meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sumobito Jombang dan usaha tersebut diharapkan akan member pengaruh yang signifikan. Kesimpulan yang di dapat oleh peneliti setelah melaksanakan penelitian adalah masih adanya sebagian guru yang belum memiliki kreasi dan inisiatif sendiri dalam melaksanakan tugas keseharian namun masih menunggu perintah dan instruksi atasan sehingga proses pembelajaran belum sesuai dengan harapan.