PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG METODE EKSPOSITORI DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING
Main Author: | KHOIROH, WAHYU HIDAYATUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/375/1/BAB%20I.pdf http://eprints.unipdu.ac.id/375/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil belajar siswa kelas VII menggunakan model pembelajaran langsung metode ekspositori dan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Midanutta’lim Mayangan Jogoroto Jombang yang terdiri dari 3 kelas. Sampel diambil dengan cara teknik purposive sampling. Kelas VII C sebagai kelas Eksperimen sebanyak 26 siswa dan kelas VII A sebagai kelas Ekspositori sebanyak 26 siswa. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian ini berupa tes uraian yang terdiri dari empat soal. Desain penelitian ini adalah post-test only control group. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS. Taraf signifikansi adalah =0,05. Hasil pengolahan uji t yaitu 0,73 > 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar siswa kelas VII menggunakan model pembelajaran langsung metode ekspositori dan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Hal ini dikarenakan pembelajaran ini merupakan sesuatu yang baru bagi siswa. Jika waktu yang digunakan itu lebih dari dua pertemuan, diduga saja kelas eksperimen ini akan mendapatkan rata-rata nilai yang lebih tinggi, sehingga hipotesis penelitian ini bisa diterima. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkaji perbedaan hasil belajar diantara kedua model ini