HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN TENTANG KEMAMPUAN BEREMPATI PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG CEMPAKA RS KRISTEN MOJOWARNO

Main Author: WIJAYANTI, SUSRINI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/356/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/356/
Daftar Isi:
  • Empati merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam memberikan pelayan terhadap pasien. Dampak dari kurangnya empati dapat mempengaruhi kondisi psikis pasien , biasanya pasien akan lebih labil emosinya dan timbul rasa ketidakpuasan terhadap mutu pelayanan yang di berikan. Penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan populasi adalah semua pasien di ruang Cempaka RSK Mojowarno, jumlah sampel sebanyak 48 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan uji statistik menggunakan rank spearman ( rho ) dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian kemampuan berempati perawat adalah baik sebesar 20 responden ( 41,7 %), cukup baik sebesar 10 responden (20,8 %) dan 9 responden ( 18,8 % ) mengatakan sangat baik. Sedangkan tingkat kepuasan pasien 23 responden (47,9%) puas,16 responden (33,3%) kurang puas dan 9 responden mengatakan sangat puas dengan kemampuan berempati perawat.Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang positif dan erat antara kemampuan berempati perawat dengan tingkat kepuasan pasien ( ρ = 0,000 ). Hasil penelitian ini dapat di simpulkan sikap dan perhatian perawat terhadap pasien adalah hal yang sangat di harapkan oleh pasien