EFEKTIVITAS MEDIA TAMBUN (TAHAPAN TUMBUHAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ASY’ARIYAH BANJARSARI BANDARKEDUNGMULYO JOMBANG

Main Author: Qonitah, Niswatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2825/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA materi pertumbuhan tumbuhan yang dilakukan sebanyak dua kali uji coba. Subjek penelitian ini dilakukan pada kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah AlAsy’ariyah Banjarsari Bandarkedungmulyo Jombang yang berjumlah 23 siswa. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada Madrasah Ibtidaiyah materi pertumbuhan tumbuhan peneliti menerapkan media Tambun dan menggunakan penelitian Research And Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Pada tahap uji coba I hasil pre-test nilai rata-rata siswa 53,05 dan jumlah nilai siswa 1220. Serta nilai rata-rata post-test siswa 66,96 dan jumlah nilai siswa 1540. Sedangkan pada tahap uji coba II siswa mengalami peningkatan pada hasil belajar dengan nilai rata-rata pre-test 79,14 dan jumlah nilai 1820, serta nilai rata-rata post-test 94,96 dengan jumlah nilai 2184. Maka dapat disimpulkan bahwa media Tambun efektiv meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA materi pertumbuhan tumbuhan. Kata kunci: Media Tambun, Berpikir kritis, IPA.