IMPLEMENTASI MEDIA TANGGA BUNGA BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH BABUSSALAM KALIBENING MOJOAGUNG JOMBANG

Main Author: Nur Azifah, Dhivia Fardhotul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2809/2/Cover%20Sampai%20BAB%20III.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/2809/1/BAB%20IV%20dan%20BAB%20VI.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/2809/3/Presentase%20Hasil%20Cek%20Similarity.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/2809/
Daftar Isi:
  • Implementasi dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi media Tangga Bunga Berhitung sebagai upaya meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 1A pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan di MI Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang. Penelitian ini dilaksanakan karena kemampuan belajar siswa sangat rendah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus sesuai dengan model Kurt Lewin. Subjek penelitian ini adalah kelas 1A sebanyak 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah flow model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media Tangga Bunga Berhitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 1A MI Babussalam Kalibening Mojoagung. Dapat dijelaskan pada tahap pra siklus, 5 siswa tuntas dengan rata-rata 70,95 dan presentase ketuntasan sebanyak 23,80%. Pada tahap siklus 1 kemampuan berhitung siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 76,42 dengan presentase 57,14% dan siklus 2 juga meningkat dengan rata-rata 93,33 dengan presentase 100%. Kata Kunci: Media Tabung, kemampuan berhitung, pelajaran matematika