PENERAPAN BERMAIN CERITA MENYANYI SEBAGAI ICE BREAKING PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI TPQ AL-MUNAWWAROH DUSUN SUGIHWARAS DESA BANDUNG KECAMATAN DIWEK KABUPATEN JOMBANG
Main Author: | Amiruddin, Afid |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/2794/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan BCM (Bermain Cerita Menyanyi) di TPQ Al-Munawwaroh dan mengetahui bagaimana cara ustaz dan ustazah memberikan motivasi kepada santri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Penerapan BCM (Bermain Cerita Menyanyi) sangat efektif namun kurang maksimal dalam penerapannya.Kurangnya jumlah ustaz dan ustazah dan keterbatasannya dalam pengelolaan kelas.Penerapan BCM (Bermain Cerita Menyanyi) termasuk cara yang menarik dan menyenangkan, dikarenakan mengkolaborasikan kemampuan otak kanan dan otak kiri sehingga para santri lebih mudah dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan. Hasil dari penelitian ini (1) penerapan BCM (Bermain Cerita Menyanyi) sebagai ice breaking pembelajaran Al-Qur’an sangat menyenangkan bagi santri, (2) dapat mempermudah proses pembelajaran dan menghilangkan rasa kejenuhan belajar, (3) pembelajaran terasa lebih mudah disampaikan, diserap dan diingat oleh para santri serta dapat menumbuhkan semangat dan motivasi belajar para santri dalam belajar. Kata Kunci: bermain cerita menyanyi, ice breaking, pembelajaran Alquran