PENGARUH PEMBERIAN UMPAN BALIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS X MA DARUL ULUM BANDUNG DIWEK JOMBANG

Main Author: Ilmiyah, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2791/
Daftar Isi:
  • umpan balik disini terbatas pada persepsi peserta didik yang diberikan oleh guru matematika.Motivasi belajar merupakan dorongn yang terjadi dari dalam atau dari luar diri peserta didik untuk melakukan sesuatu, Motivasi belajaar yang dimaksud adalah motivasi yang sudah didapat peserta didik. Hasil belajar dapat diketahui dari hasil evaluasi yang diadakan, hasil belajar disini mengunakan nilai Pas (Penelitian Akhir Semester). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya,(1) pengaruh pemberian umpan balik terhadap hasil belajar,(2) pengaruh pemberian motivasi belajar terhadap hasil belajar, (3) pengaruh pemberian umpan balik dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifmengunakan metode deskriptif.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Secara umum hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) tidak terdapat pengaruh secara signifikan umpan balik terhadap hasil belajar, (2) tidak terdapat pengaruhsecara signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar, (3) tidak terdapat pengaruh simultan secara signifikan antara umpan balik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Kata kunci : umpan balik, motivasi belajar, hasil belajar