PENGEMBANGAN LKS DIGITAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA GAMELAN JAWA GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS 8
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk yaitu lembar kerja siswa digital berbasis etnomatematika gamelan Jawa dalam versi android dan komputer yang bisa digunakan untuk proses belajar pada materi baris dan deret aritmetika serta meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Prosedur dan penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini ialah ADDIE yang dikembangkan oleh Dick dan Carry. Model pengembangan ini terdiri dari 5 langkah yakni, 1) analisis (analyze), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), dan 5) evaluasi (evaluation) (Cahyadi, 2019: 36). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi LKS digital GAMBATE, penyebaran angket kepraktisan kepada siswa dan guru kelas VIII di Mts Plus Darul Ulum, dan pemberin pretes sebelum penggunaan LKS digital GAMBATE serta pemberian soal postes setelah menggunkana LKS digital GAMBATE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS digital berbasis etnomatematika praktis dengan presentase kepraktisan 88,6 % dan cukup valid dengan presentase kevalidan 70,2%. LKS digital berbasis etnomatematika gamelan Jawa ini masih rendah tingkat kefektifannya dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil N-gain skor yang menunjukkan kriteria bahwa LKS digital berbasis gamelan Jawa ini < 30%. Kata Kunci : LKS digital, Etnomatematika, Literasi matematika, Barisan Aritmetika dan Gamelan Jawa.