Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi matriks yang ditinjau dari self-confidence. Karena itu penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis kesalahan yang digunakan dalam penelitian adalah jenis kesalahan menurut Newman. Pada penelitian ini diambil 3 subjek penelitian, yaitu satu subjek yang memiliki self-confidence tinggi dengan jumlah kesalahan terbanyak, satu siswa yang memiliki self-confidence sedang dengan jumlah kesalahan terbanyak, satu siswa yang memiliki self-confidence rendah dengan jumlah kesalahan terbanyak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes soal tertulis, wawancara dan angket self-confidence. Secara umum hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: subjek yang memiliki self-confidence tinggi memiliki kepercayaan diri yang tinggi, berani dan mampu mengungkapkan idenya sehingga subjek melakukan kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Subjek yang memiliki self-confidence sedang memiliki rasa kurang percaya diri, takut dan merasa bergantung pada orang lain dalam menjawab pertanyaan matematika sehingga subjek melakukan kesalahan membaca, kesalahan transformasi keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Subjek yang memiliki self-confidence rendah memiliki rasa kurang percaya diri, gugup, kurang memahami materi dan cemas sehingga subjek melakukan kesalahan membaca, kesalahan transformasi keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Kata kunci : Kesalahan, Soal Cerita, Self-Confidence