ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KSU BTM SURYA AMANAH JOMBANG

Main Author: Silmi, Ziyadatul Iffatis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2744/1/Hasil%20Cek_Part1.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/2744/2/Hasil%20Cek_Part2.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/2744/3/Hasil%20Cek_Part3.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/2744/
Daftar Isi:
  • Pemasaran merupakan ujung tombak bagi suatu unit usaha dalam bidang apapun. Di era persaingan yang semkain ketat menuntut pelaku usaha dan perusahaan semakim kreatif dan inovatif dalam mengelola perusahaan salah satunya di bidang pemasaran. Dunia pemasaran saat ini tidak hanya berfokus pada kualitas produk ataupun jasa namun juga berfokus pada kualitas hubungan perusahaan dengan pelanggan. Perusahaan yang mampu menjaga kelanggengan hubungan dengan pelanggan memiliki kekuatan untuk mampu bersaing dengan kompetitor di bidang yang sama. Strategi pemasaran yang memiliki esensi dalam menjaga hubungan dan menambah kuantitas pelanggan adalah Customer Relationship Management. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembiayaan murabahah dan analisis customer relationship management dalam meningkatkan loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini yang menjadi key informan adalah Direktur Internal, dengan inforrman tambahan Manajer Marketing dan Mitra Perorangan dengan trianggulator nasabah pembiayaan murabahah. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa prosedur pembiayaan murabahah di KSU BTM Surya Amanah Jombang dilakukan secara sistematis. By implementing Customer Relationship Management through excellent service by combining aspects of process, people and technology, it has an impact on increasing customer loyalty to KSU BTM Surya Amanah Jombang. Kata Kunci : Pemasaran, Customer Relationship Management, Pembiayaan Murabahah, Loyalitas Pelanggan