PERAN PUBLIC RELATIONS 4.0 DALAM MENSOSIALISASIKAN PERATURAN EKSPOR PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH DI WILAYAH KERJA KANTOR PELAYANAN PAJAK BEA CUKAI (KPPBC) TIPE MADYA CUKAI KEDIRI

Main Author: Anggelia, Ade Putri Fatma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2705/
Daftar Isi:
  • Bea Cukai Kediri memiliki wilayah kerja Kabupaten Kediri, Nganjuk, Jombang dan Kota Kediri. Melalui Public Relations, Bea Cukai mendapatkan asistensi dapat melaksanakan sosiaslisasi berdasarkan PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) dari pemerintah pusat. Sosialisasi diberikan baik bertatap muka langsung atau menggunakan media sosial (Instagram, Facebook, WhatsAApp, Media elektronik radio) dimana mengikuti perkembangan dunia kehumasan berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pengaruh dari peran sosialisasi berbasis digital oleh Public Relations Bea Cukai Kediri terhadap ekspor IKM di wilayah kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah domain dan taksonomi dengan empat orang sebagai informan dan dua orang sebagai triangulator didapatkan hasil bahwa Peran Public Relations 4.0 memanfaatkan media sosial sebagai akses untuk mempercepat menyebarkan informasi sistem ekspor terhadap IKM. Kewenangan Bea Cukai hanya 25% terkait legalitas perizinan, sebagai fasilitator dan memberikan pendampingan, tetapi sangat penting untuk prospek IKM kedepannya. Kata Kunci : Public Relations 4.0, Ekspor, IKM, Bea Cukai