PENGARUH ORIENTASI PASAR, KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA USAHA KONVEKSI “BINTANG 9” DI KECAMATAN PERAK KABUPATEN JOMBANG

Main Author: MUZAKKHI, M. YUSUF
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2681/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh variable orientasi pasar, kualitas produk dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah konsumen dari produk Konveksi Bintang9, kemudian ditentukan sampel penelitian ini sebanyak 45 responden, dengan hasil parsial atau uji t orientasi pasar memperoleh hasil nilai t hitung 2,938 > t tabel 2,020 dengan Sig. sebesar 0,05 < 0,05, sedangkan uji t kualitas produk mepemperoleh hasil nilai t hitung 5,681 > t tabel 2,020 dengan Sig. sebesar 0,00 < 0,00 dan uji t inovasi produk memperoleh hasil nilai t hitung 4,605 > t tabel 2,020 dengan Sig. sebesar 0,00 < 0,05, dilanjutkan dengan uji secara simultan atau uji f memperoleh hasil nilai sebesar f hitung 13,058 > f tabel 2,833 dengan Sig. 0,00 < 0,05, dari hasil perhitungan dengan memakai SPSS mendapatkan hasil bahwa variable orientasi pasar, kualitas produk dan inovasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing baik secara parsial maupun simultan Kata kunci :orientasi pasar, kualitas produk, inovasi produk, keunggulan bersaing