“PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TEACHER CENTERED LEARNING (TCL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH FATTAH HASYIM TAMBAKBERAS
Main Author: | Suyanto, Mohammad Zainudin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/268/1/BAB%20I.pdf http://eprints.unipdu.ac.id/268/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran fikih pada Madrasah Aliyah Fattah Hasyim kurang mandiri karena dalam pembelajarannya guru membacakan materi dan siswa memberi arti dari apa yang dibacakan guru selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh dalam Strategi Pembelajaran Teacher Centered Learning (TCL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Aliyah Fattah Hasyim Tambakberas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan empat cara yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, angket. Untuk mengetahui hasil belajar siswa penulis menggunakan data dari hasil belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran disana masih dominan menggunakan strategi lama. Dan hasil belajar siswa pada materi fikih masih kurang maksimal. ada pengaruh strategi pembelajaran teacher centered learning (TCL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih. Bahwa Ha diterima dan Ho ditolak karena rhitung (0.371) lebih besar dari rtabel (0,312).