HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEPEKAAN DAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH
Main Author: | AISYAH, AISYAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/2633/ |
Daftar Isi:
- Gadget merupakan salah satu kemajuan teknologi baru yang dapat mempermudah kehidupan dan memiliki pengaruh yang luar biasa bagi kehidupan, Pengenalan gadget terlalu dini pada anak dapat memberikan dampak postif maupun negatif, salah satu dampak negatifnya yaitu adanya penurunan dalam kemampuan bersosialisasi yaitu kemampuan berinteraksi sosial dan kepekaan sosial anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui hubungan lama penggunaan gadget dengan kepekaan sosial dan interaksi sosial anak usia prasekolah di Desa Sepulu. Desain penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia prasekolah. Pengambilan sampel dengan teknik consecutive sampling didapatkan sampel sebanyak 42 responden yang memenuhi kriteria inklusi, instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Variabel independen lama pengginaan gadget dan variabel dependen kepekaan sosial dan interaksi sosial. Data dianalisis menggunakan korelasi uji Spearman Rho dengan α= 0,05. Hasil peneliti menemukan tidak ada hubungan antara lama penggunaan gadget dengan kepekaan sosial anak usia prasekolah dengan hasil 0,745 (P > 0,05) dan tidak ada hubungan lama penggunaan gadget dengan interaksi sosial anak usia prasekolah dengan hasil 0,858 (P > 0,05). Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi orang tua untuk lebih memperhatikan anaknya, saat menggunakan gadget lebih baik sambil diawasi, dan ketegasan dalam memberikan batasan waktu kepada anak dalam bermain gadget. Kata kunci: Lama penggunaan gadget, kepekaan sosial, interaksi sosial