Upaya Peningkatan Hasil Belajar Aqi>dah Akhla>k Melalui Pendekatan Pembelajaran Quntum Teaching di kelas III-B MI Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Maghfiroh, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/26/1/BAB%201.pdf http://eprints.unipdu.ac.id/26/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran quantum teaching hasil belajar siswa pada materi Aqi>dah Akhla>k akan meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Aqi>dah Akhla>k dengan menerapkan pendekatan pembelajaran quantum teaching di kelas III-B MI Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang. Data yang dikumpulkan adalah data nilai hasil belajar siswa. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa sebelum diadakannya penelitian dengan perolehan rata-rata 68,12 dan prosentase 61,30% kemudian meningkat pada siklus I, dan II dengan rata-rata hasil belajar berturut-turut adalah 75,87 dengan prosentase 70,97% dan 84,35 dengan prosentase 87,10%. Dengan demikian, PTK dengan penerapan pendekatan quantum teaching dapat membantu meningkatkan hasil belajar Aqi>dah Akhla>k siswa khususnya pada materi Akhla>k terpuji. Kata Kunci : penerapan, pendekatan pembelajaran Quantum Teaching, hasil belajar Aqi>dah Akhla>k, Akhla>k terpuji, dan penggunaannya.