Efektivitas Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV di SD Islam al-Fattah Kepuhkembeng Peterongan Jombang Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: MAISYAROH, MAISYAROH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/25/1/BAB%201.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/25/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah dengan menerapkan metode eksperimen hasil belajar siswa pada materienergi dan perubahannya akan meningkat?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarIPA siswa melalui penerapan metode eksperimendalam pembelajaran IPA siswa kelas IV semester II SD Islam al-Fattah Kepuhkembeng Peterongan Jombang Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam duasiklus. Rancangan untuk tiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A semester II SD Islam al-Fattah Kepuhkembeng Peterongan Jombang Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 27 siswa. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan metodetes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode eksperimen secara efektif dan efesien, ternyata ada peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV SekolahSD Islam al-Fattah Kepuhkembeng Peterongan Jombang. Peningkatan tersebut terlihat dari hasil belajar siklus I 74,07% menjadi 92,59% pada siklus II.Jadidengan 2 siklus diperoleh peningkatan sebanyak 22% dan mengalami peningkatan dari katagori sedang menjadi tinggi. Kata Kunci :penerapan,metode eksperimen, hasil belajar IPA, energi, dan perubahannya.