PENGEMBANGAN METODE MEMBACA KITAB KUNING DENGAN METODE AL-MIFTAH DALAM PEMBELAJARAN DINIYAH DI ASRAMA HIDAYATUL QUR’AN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG
Main Author: | Anam, Khairul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/2479/ |
Daftar Isi:
- Metode Al-Miftah adalah sebuah metode baca kitab yang berisikan kaidah nahwu dan shorof untuk tingkat dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan metode membaca kitab kuning dengan metode Al-Miftah dalam pembelajaran diniyah di Asrama Hidayatul Qur’an Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Peterongan Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian metode pembelajaran kitab kuning Al miftah adalah untuk mempermudah santri dalam memahami membaca kitab kuning. Kopetensi kelulusan madrasah diniyah yang diharapkan adalah santri mampu menguasai dan mampu untuk menyampaikan ulang atas materi yang telah mereka pelajari dimasing-masing jenjang kelas. Hal ini diperkuat dengan adanya ujian kopetensi pada akhir semester juga ujian kelulusan bagi santri yang telah selesai menempuh jenjang akhir. Dalam pengembangan Metode Al miftah di Asrama Hidayatul Qur’an Pondok Pesantren Darul ‘Ulum pembelajarannya menggunakan beberapa tahapan, diantaranya: Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan, Dan Tahap Evaluasi. Kata kunci: Metode Al-Miftah, Madrasah Diniyah, Kualitas Membaca