IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PERANGKAT LUNAK APLIKASI VIDEO CONFERENCE DI TENGAH PANDEMI COVID-19 BAGI MAHASISWA UNIPDU JOMBANG

Main Author: Fitriyanto, Asrori Aulandar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2469/
Daftar Isi:
  • Pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) pada pandemi Covid-19 adalah dengan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan/online menggunakan gadge) maupun laptop melalui beberapa portal dan aplikasi pembelajaran daring yang dimuat dalam video conference yang terdiri dari aplikasi Zoom, Google Classroom, Google Meet, WhatsApp. Tujan penenelitian ini dengan seiring pembelajaran daring agar berjalan dengan baik, maka harus mengetahui kelebihan, kekurangan, peluang dan ancaman yang dihadapi, sehingga pengajar bisa mengantisipasi dari plus minus penggunaan pembelajaran online, serta bisa melihat hasil dari penggunaan perangkat lunak aplikasi video converence yang lebih efektif digunakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kusioner atau angket, observasi, dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Pembuatan perencanaan pembelajaran, penyusunan RPS (rencana pembelajaran semester, kelebihannya adalah dengan adanya metode daring ini pembelajaran pada perkuliah tetap berjalan seperti sedia kala, sinyal yang menjadi kendala utama dan SKP (surat kontrak perkuliahan) sebagai cara untuk mengatasi mahasiswa yang kurang berkompeten dalam perkuliahan. Kata kunci: Pembelajaran Daring, Perencanaan Pembelajaran.