Pengembangan Media Adammath (Aplikasi Dam Matematika) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus
Main Author: | KURNIYAWAN, MUCHAMAD ADAM |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/2387/ |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran berbentuk permainan sangatlah baik untuk membangun pemahaman konsep siswa karena media diberikan secara detail dan mudah ditangkap oleh siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan media ADAMMATH dan menghasilkan media ADAMMATH (Aplikasi DAM Matematika) untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pokok bahasan Persamaan Garis Lurus yang valid, efektif, dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Media ADAMMATH diujicobakan pada siswa kelas VIII MTs Umar Zahid Perak Jombang. Berdasarkan hasil uji validitas diperoleh skor media ADAMMATH yaitu aspek piranti manual mempunyai kualitas valid sebesar 81,25% (Sv ≥ 75%), aspek bahasa mempunyai kualitas cukup valid sebesar 61,12% (Sv ≥ 50%), aspek soal mempunyai kualitas valid sebesar 75% (Sv ≥ 75%), dan aspek lain mempunyai kualitas valid sebesar 80% (Sv ≥ 75%).Hasil uji coba keefektifan dilihat dari angket respon siswa memenuhi kategori baik yaitu 3,01 (