Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Tahfidz Ma Midanut Ta’lim Jombang Ditinjau Dari Jenis Kelamin
Main Author: | JAYUS, JAYUS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/2386/ |
Daftar Isi:
- Salah satu tujuan pendidikan matematika adalah agar peserta didik memiliki kemampuan memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Saat ini yang juga menjadi perhatian dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematika adalah siswa yang tinggal dipondok pesantren. Banyak siswa yang juga santri, mengikuti program pendidikan formal dan juga mengikuti program tahfidz sehingga selain berkewajiban mampu mengikuti pelajaran di sekolah salah satunya pelajaran matematika mereka juga memiliki tanggung jawab lain yaitu menghafal A-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tahfidz ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua laki-laki dan dua perempuan siswa tahfidz kelas XI IPS semester genap tahun pelajaran 2018/2019 Madrasah Aliyah Midanut Ta’lim diambil dari 14 siswa tahfidz dengan 9 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan . Pemilihan subjek penelitian berdasarkan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa tahfidz kelas XI di MA Midanut Ta’lim antara laki-laki dan perempuan sama dalam tahap memahami masalah dan tahap memeriksa kembali pemecahan masalah, dan berbeda pada tahap merencanakan pemecahan masalah dan tahap melaksanakan rencana pemecahan. Kata Kunci : Pemecahan Masalah Matematika, Siswa Tahfidz, Jenis Kelamin