Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Macromedia Flash untuk Memotivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII
Main Author: | Mahfiroh, Ni’matul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/2340/ |
Daftar Isi:
- Motivasi merupakan penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar. Motivasi belajar siswa juga dipengaruhi oleh metode mengajar yang digunakan guru dan alat pembelajaran yang digunakan. Penting seorang guru untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran dengan harapan siswa termotivasi dan bersemangat dalam belajar matematika karena pembelajaran yang disajikan lebih menarik dari biasanya. Salah satu pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi macromedia flash dapat disajikan dengan berbagai macam tampilan seperti permainan ular tangga yang dapat menstimulus siswa sehingga termotivasi dan bersemangat dalam belajar matematika. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan maka peneliti akan mendeskripsikan proses pengembangan media ular tangga dan menghasilkan media pembelajaran ular tangga berbasis macromedia flash untuk memotivasi belajar matematika siswa kelas VII yang valid, efektif dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, dan Evaluation) dengan subjek penelitian uji coba lapangan siswa kelas VII MTs Ghozaliyah. Berdasarkan hasil uji validitas, media pembelajaran ular tangga memperoleh skor 93,75% (