Efektifitas Media Kalista (Kalender Istihadah) Untuk Meningkatkan Pemahaman Santri Pada Bab Istihadh Dalam Kitab Uyun Al-Masail Li Alnisa’ di Asrama 3 Nusantara Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Peterongan Jombang

Main Author: Bahiyyah, Khoridatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2331/
Daftar Isi:
  • Ketika santri Asrama 3 Nusantara PP. Darul ‘Ulum Peterongan Jombang dihadapkan pada bab Istihadah, mereka merasa enggan dan merasa kesulitan. Dan bahan ajar yang dipakai hanya berupa bahan ajar cetak kitab Uyun Al-Masail Li Al-Nisa’. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran bab Istihadah dalam kitab Uyun Al-Masail Li Al-Nisa’ di Asrama 3 Nusantara Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Peterongan Jombang, dan mengetahui efektifitas media pembelajaran Kalista untuk meningkatkan pemahaman santri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development) model ADDIE. Jenis data yang digunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media Kalista memenuhi kriteria valid dengan persentase hasil validasi oleh ahli materi 90% dan, ahli bahan ajar 93%. Hasil uji coba lapangan menunjukkan hasil pretest dan posttest t hitung (3.084) > t tabel (2.045) dan respon siswa sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran kalista dikatakan valid dan efektif dalam meningkatkan pemahaman santri pada bab Istihadah. Kata kunci: Efektifitas, Media Pembelajaran, Istihadah, Media Kalista