Efektivitas Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Pada Nilai Religius Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Diwek Jombang

Main Author: Azizah, Rika Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2317/
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Diwek Jombang selama masa pandemi Covid-19 dilaksanakan secara daring. Interaksi siswa dengan guru pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam hanya melalui whatsapp group dan google form, dapat dilihat dari keaktifan dan kepedulian siswa terhadap pembelajaran berlangsung. Menjadikan guru sulit dalam menilai nilai religius siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran dalam jaringan (daring) dalam pembentukkan pendidikan karakter pada nilai religius siswa SMPN 1 Diwek Kabupaten Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknis analisis data yang digunakan pada analisis data studi kasus kualitatif adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa Efektivitas pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada nilai religius siswa SMP Negeri 1 Diwek Kabupaten Jombang dapat dikatakan kurang efektif, karena guru hanya bisa melihat responsif dari siswa di group WA, Google Form dan melalui lembar pantau. Kata Kunci: Pembelajaran; Karakter; Nilai Religius