Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kurikulum Bidang Studi Fiqih (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Beji Jogoroto Jombang)
Main Author: | Wulandari, Siska |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/2316/ |
Daftar Isi:
- Kepala Madrasah merupakan komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kualitas kepala madrasah akan sangat erat sekali hubungannya dengan berbagai aspek kehidupan madrasah, salah satunya yang penting adalah mengenai pengembangan kurikulum dimadrasah. Penelitihan ini bertujuan untuk mengetahui pola kepemimpinan kepala madrasah dan untuk mengetahui manajemen kepemimpinan kepala madrasah terhadap pengembangan kurikulum bidang studi Fiqih di MTs Darul Hikmah Beji Jogoroto Jombang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwasannya pola kepemimpinan kepala madrasah di MTs Darul Hikmah Beji Jogoroto Jombang dalam menjalankan kepemimpinannya dengan menggunakan pola atau gaya demokratis yang sudah diterapkan dimadrasah sudah bisa dikatakan cukup baik. Dan untuk manajemen kepemimpinan kepala madrasah terhadap pengembangan kurikulum bidang studi Fiqih di MTs Darul Hikmah Beji Jogoroto Jombang dapat dilihat dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan kegiatan pengembangan manajemen kepemimpinan tersebut. Kata kunci: Manajemen, Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kurikulum