PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PLUS DARUL ‘ULUM PETERONGAN JOMBANG

Main Author: Murtadlo, Muhammad Ali
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2283/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran aqidah akhlak merupakan satu dari komponen pendidikan Agama Islam, yang mempunyai arahan dalam mendorong, membimbing, mengembangkan kompetensi murid untuk berperilaku baik dan jujur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran aqidah akhlak, problematika pembelajaran aqidah akhlak dan mendeskrisikan solusi pembelajaran aqidah akhlak di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah plus Darul ‘Ulum Peterongan Jombang. Metode yang digunakan dalam Proses penelitian ini adalah metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif lapangan. Proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang evektifnya pembelajaran di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah plus Darul ‘Ulum Peterongan Jombang dapat diupayakan dengan meningkatkan kopetensi guru, memotivasi murid agar lebih mandiri dalam mengolah materi dan mengaplikasikannya, sehingga pembelajaran ini kelak bisa benar-benar menjadi pedoman hidup mereka dikemudian hari. Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran, Aqidah Aklak.