EFEKTIFITAS PELAKSANAAN METODE TILAWATI PADA PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ BAHRUN NASOR KRANDEGAN KESAMBEN JOMBANG. SKRIPSI

Main Author: Sari, Intan Permata
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2274/
Daftar Isi:
  • Metode Tilawati merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan klassikal dan baca simak secara seimbang dengan penegrtian kalsikal dan baca simak diatur waktu dan cara penerpannya disesuaikan kondisi kelas meliputi ruangan, jumlah murid dan kemampuan murid dalam satu kelas. Dengan cara seperti itu, untuk mengetahui pelaksanaan dan keefektifitas metode tilawati pada pembelajaran Al Qur‟an di TPQ Bahrun Nasor Krandegam Kedungmlati Kesamben Jombang santri akan lebih tertarik mengikuti proses pembelajaran. Dalam penelitian penulis memilih metode penelitian kuantitatif , analisis data menggunakan statistik deskriptif. Metode pengimpulan data dengan observasi, dokumentasi , interview, dan angket. Untuk menganalisis efektifitas metode Tilwati dalam pembelajaran membaca al-qur‟an di Lembaga TPQ Bahrun Nasor Krandegan Kedungmlati Kesamben Jombang.digunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan metode Tilawai pada pembelajaran membaca Al-Qur‟an di TPQ Bahrun Nasor Krandegan Kedungmlati Kesamben Jombang. Hal ini terbukti dengan nilai di atas rata-rata. Kata Kunci: Efektivitas pelaksanaan, Metode Tilawati, membaca Al Qur‟an